Di Duga Gandakan Dapodik Siswa PKBM Auladul Mustopa, Akan Dilaporkan

Di Duga Gandakan Dapodik Siswa PKBM Auladul Mustopa, Akan Dilaporkan
Foto: penggandaan dapodik siswa di databes

Cianjur- Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Auladul Mustopa di Kecamatan Cilaku diduga kuat menggandakan Data Pokok Pendidikan atau (Dapodik) siswanya. Hal tersebut berdasarkan temuan di lapangan tim Cianjur People Movement 

Ketua Cianjur people movement Ebes mengatakan, penggandaan dapodik ini di indikasi kuat tujuannya untuk menambah dana Bantuan Operasional Sekolah (BOP). 

"Dari 1.270 siswa ini banyak yang digandakan Dapodik serta dimanipulasi," kata Ebes, Selasa, (20/02/2024). 

Terkait anggaran dari Pemerintah Pusat untuk pendidikan banyak masuk kantong pribadi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Tercatat, lembaga PKBM di Cianjur mendapatkan anggaran kurang lebih 56 Miliar.

"Seharusnya, anggaran itu mutlak sudah menjadi hak masyarakat yang tidak bisa menikmati pendidikan formal," apalagi di akhir maret 2024 akan dikeluarkan lagi anggaran PKBM di kabupaten cianjur, yang sebelumnya tahap pertama sudah keluar, ucapnya. 

Lanjut Ebes, pihaknya akan melaporkan PKBM tersebut ke APH serta akan mendatangi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur terkait PKBM, Dimana tahap pencarian pertama sudah keluar jadi kita akan melakukan pengawasan di bulan maret dalam pencairan BOP PKBM nanti.

"Adapun PKBM Auladul Mustopa yang di duga kuat, kita akan melaporkan ke APH dan mendatangi Disdikpora menemui Kadis dan Kabid terkait PKBM tersebut, agar diberhentikan izin operasionalnya untuk menghindari praktek KKN," tutup dia.(red)