Warga Desa Ciwalen Terima Batuan Cadangan Beras Pemerintah, Data KPM Dari Kemenko PMK

Warga Desa Ciwalen Terima Batuan Cadangan Beras Pemerintah, Data KPM Dari Kemenko PMK
Poto: sejumlah KPM mengambil beras di rumah Rw

CIANJUR | Bantuan tahap kedua untuk masyarakat dari Pemerintah mulai disalurkan melalui Pemerintah Desa, bantuan kali ini berupa Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sebanyak 10 kilo yang diberikan bagi KPM di setiap wilayah.

Bantuan beras yang diluncurkan tersebut sebagai bantuan untuk penanggulangan keadaan darurat bencana dan kerawanan pangan pasca bencana.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo di Gudang Bulog Dramaga, Bogor pada hari Senin 11 September 2023 lalu.

Kali ini bantuan beras tersebut di salurkan secara serentak untuk 11 Desa di wilayah Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur Jawa Barat, salahsatunya yang dilaksanakan Pemerintah Desa Ciwalen.

Kepad awak media Kamis 1 Februari 2024, Kasi Kesra Desa Ciwalen, Dadan Hidayatuloh mengatakan pada hari Selasa 27 Januari 2024 Pemerintah Desa Ciwalen telah melakukan penyaluran cadangan beras pemerintah (CBP) untuk masyarakat di setiap wilayah kedusunan Desa Ciwalen. Adapun jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) yang menerima beras tersebut sebanyak 1053 orang dengan masing-masing menerima sebanyak 10 kilo.

"Betul, KPM sebanyak 1053 orang yang merupakan warga kurang mampu telah menerima bantuan beras cadangan pemerintah, untuk pembagiannya kita tebar disetiap keRwan supaya lebih warga lebih dekat untuk nya," ujar Dadan.

Adapun pengurangan data KPM di Desa Ciwalen, Kades mengatakan itu langsung hasil verifikasi oleh Pemerintah pusat melalui Kemenko PKM bukan dari Desa, sebab batuan ini beda dengan bantuan beras sebelumnya.

"Terkait ada pengurangan data KPM itu sebanyak 300 orang, itu hasil verifikasi dari pemerintah pusat, ketika ada warga (KPM) yang tidak kebagian janga takut datanya dihapus, karena data yang diterima itu langsung dari Kemenko PMK," ungkapnya.(rdk)