Viral! Oknum ASN Di Duga Kampanyekan Peserta Pemilu Di Medsos

Viral! Oknum ASN Di Duga Kampanyekan Peserta Pemilu Di Medsos
Poto: ilustrasi

CIANJUR | Salah satu Kepala Desa (Kades), Di Kecamatan Takokak, kabupaten cianjur, Terkait larangan aparatur sipil negara (ASN) menyukai, membagikan apalagi berkomentar di media sosial (medsos) peserta pemilu sangatlah dilarang, seperti Ketentuan Pasal 1 angka 36 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dan pasal 101 huruf a Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum menyatakan "Bawaslu Kabupaten/Kota bertugas melakukan pencegahan dan penindakan di wilayah kabupaten/kota terhadap Pelanggaran Pemilu dan Sengketa Proses Pemilu.

Berdasarkan ketentuan dalam rangka Pencegahan terhadap Pelanggaran Pemilu, kepada setiap ASN yang berkaitan Internet yang menyiarkan berita, iklan, rekam jejak Peserta Pemilu, atau bentuk lainnya yang mengarah pada kepentingan Kampanye Pemilu yang menguntungkan atau merugikan Peserta Pemilu, seperti, akun milik seorang Kades Ega Muhamad Fajar diketahui, yang tengah mengomentari status dari Caleg DPRD Kabupaten Daerah pemilihan wilayah 5 dari Partai PDIP Bayu Eka Prayoga dalam Platform Tiktok Postingan Caleg tersebut.

Menurut Yana Sopyan Selaku Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu kabupaten Cianjur mengatakan, Bawaslu akan menelusuri terkait dugaan pelanggaran netralitas ASN yang sudah dilakukan salah satu Kepala Desa Pasawahan, di Kecamatan Takokak, saudara Ega Muhamad Fajar.

“Kami akan melakukan penelusuran terkait permasalahan ini,” ucap Yana, melalui sambungan telepon, Minggu, (11/02/2024).

Dalam Komentarnya, yang berupa ungkapan Daerah pilihan 5 dengan kalimat “Dapil 5 Juara” isi di dalam kolom komentarnya.

Sementara itu, Dadan Asdiansyah Selaku camat Takokak , Ia tidak mau berkomentar jauh terkait netralitas ASN,dan ia membenarkan bahwa itu kepala desa pasawahan. Hanya ia mengakui, Ega Muhamad Fajar merupakan kades yang masih menjabat atau aktif.

“Iya benar Ega Muhamad Fajar itu Kades Pasawahan,” kata Dadan.

Laporan : Deri L