Program BSMSS Di Desa Sukamanah Resmi ditutup Dandim 0608/Cianjur

Program BSMSS Di Desa Sukamanah Resmi ditutup Dandim 0608/Cianjur
Foto: penutupan Program BSMSS Di Desa Sukamanah oleh Dandim 0608/Cianjur

Cianjur | Dandim 0608/Cianjur gelar acara penutupan program Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) yang yang berlokasi di Kp. Sukabagja Desa Sukamanah Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Kegiatan tersebut, dihadiri oleh Bupati Cianjur yang diwakili oleh Asda III, Sekdis DPMD, serta Forkopimcam Mande dan Kepala Desa Sukamanah, Rabu (26/6/2024).

Dalam sambutannya, Dandim 0608/Cianjur, Letkol Kav Yerry Bagus Merdiyanto, S.I.P., M.Han, mengatakan, tujuan BSMSS tersebut dilakukan, supaya masyarakat mampu memanfaatkan berbagai potensi dan sumber daya yang dimiliki sendiri.

”Tujuan Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa yaitu memberikan motivasi memanfaatkan berbagai potensi dan sumberdaya yang dimiliki masyarakat itu sendiri yang pada gilirannya akan berdampak positif bagi proses pemberdayaan masyarakat dalam membangun diri dan lingkungan secara swakarsa dan swadaya.

"Oleh karena itu program BSMSS dapat dijadikan salah satu momen dalam menjungjung program pemerintah daerah yaitu untuk lebih menggelorakan semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan yang didasari oleh pertimbangan utama, yakni :

pertama : memperkuat intregrasi sosial dalam kehidupan masyarakat dalam setiap komonitas lokal agar tercipta keharmonisan kehidupan bersama yang akan bermuara pada persatuan bangsa dan kokohnya negara kesatuan Republik Indonesia.

Kedua : Meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan yang berlandasan semangat gotong royong dan keswadayaan sebagai sistem sosial budaya yang telah menyatu dalam kehidupan masyarakat kita, agar masyarakat merasa memiliki dan bertanggung jawab dalam melaksanakan, memanfaatkan, dan melestarikan hasil hasil pembangunan.

Ketiga : Meningkatkan upaya pemberdayaan masyarakat, agar masyarakat mampu membangun diri dan lingkungannya secara mandiri,” paparnya.

Dandim juga berharap, terealisasinya program tersebut, dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat dalam pembangunan.

Adapun pelaksanaan program BSMSS  pada hari jumat 14 Juni kemarin dengan pengerjaan hotmix jalan sepanjang 675 meter dan lebar 2,5 meter. (Restu)