Pertama Kalinya, Seorang Abdul Gofur Mendaftar Jadi Pengawas PTPS Dalam Pemilu 2024

Pertama Kalinya, Seorang Abdul Gofur Mendaftar Jadi Pengawas PTPS Dalam Pemilu 2024
Poto: Abdul Gofur saat mengikuti seleksi calon anggota PTPS Pemilu 2024

Cianjur | Betapa gigih dan semangatnya Abdul Gofur (26) seorang disabilitas fisik warga Kampung Paminggir RT 03/02 Desa Cibaregbeg, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, mendaftarkan dirinya sebagai calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) ke kantor Panwascam Cibeber, Kamis 4 Januari 2024.

Diketahui Abdul Gofur merupakan calon PTPS penyandang disabilitas yang pertama mendaftar di kantor Panwascam Cibeber.

Melihat dari latar belakang pendidikannya, Abdul Gofur merupakan lulusan paket C PKBM Isma Al Mudawamah Cibaregbeg dan jarak yang harus dia tempuh menuju kantor Panwascam Cibeber sekitar 7 Km. Dengan jarak yang lumayan jauh, memang tidaklah mudah untuk ditempuhnya sebagai seorang disabilitas.

Saat ditemui wartawan, Abdul Gofur memang baru pertama kali dirinya mencoba untuk menjadi PTPS.

"Saya ingin mencoba mecari pengalaman menjadi PTPS, makanya saya mendaftarkan diri ke kantor Panwascam Cibeber," katanya saat ditemui wartawan usai mendaftarkan diri sebagai PTPS. 

Sebelumnya, lanjut Abdul Gofur, dirinya mengaku pernah jualan online, namun sekarang sudah tak digelutinya lagi. 

"Saya pernah tinggal di ponpes dan untuk bekalnya saya jualan online, tapi tidak dilanjutkan dan sekarang saya gak ada kerjaan, jadi saya mencaoba mendaftarkan dirienjadi PTPS ke Panwascam Cibeber," akunya. 

Menyikapi hal tersebut, Ketua Panwascam Cibeber Asep Tolhah mengatakan, sebetulnya tidak ada batasan fisik untuk menjadi PTPS.

"Kita menerima siapapun dengan syarat memenuhi persyaratan dari Bawaslu diantaranya berumur minimal 21 tahun dan berijazah SLTA atau sederajat," terang Asep dikutip dari wartacianjurnews.com.

Asep melanjutkan, terkait adanya penyandang disabilitas yang mendaftar menjadi PTPS ini adalah bukti bahwa pihaknyabuka kesempatan seluas luasnya bagi warga masyarakat untuk menjadi PTPS.

"Antusias warga masyarakat di Kecamatan Cibeber untuk mengabdi menjadi bagian penyelenggara Pemilu tahun 2024 cukup tinggi dan ini terbukti dari jumlah calon PTPS yang mencapai 264 orang termasuk Abdul Gofur yang telah mendaftarkan diri di kantor Panwascam Cibeber di hari ketiga pendaftaran calon PTPS Pemilu 2024," tutupnya menerangkan.

(Shandi R.A)