Panwascam Pacet Libatkan Masyarakat Hadapi Masa Tenang Pemilu 2024

Panwascam Pacet Libatkan Masyarakat Hadapi Masa Tenang Pemilu 2024
Poto: Panwascam Pacet

CIANJUR | Sabtu 11 Februari 20224, Panwascam Pacet  menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dengan tema “Penguatan Peran Serta Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024” di Aula Desa/Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur Jawa Barat.



Kegiatan tersebut dihadiri, Bawaslu Kabupaten Cianjur, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta perwakilan dari lapisan masyarakat yang ada di Kecamatan Pacet.

Kepada wartawan, Ketua pawaslu kec. Pacet Farhaan Muhammad Ridwan, di dampingi Kordiv Hukum, Pencegahan, Dan Partisipasi Masyarakat, serta Kordiv. Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, mengatakan, pada kegiatan tersebut bertujuan untuk penguatan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu 2024.

“Kami menyadari tanpa peran masyarakat hal ini tidak bisa terwujud, karena akan kesulitan bagi kami (Panwascam Pacet) mengawasi dengan jumlah personil yang terbatas”, ucapnya.

"Maka dengan hal ini kami ingin melibatkan secara langsung peran serta masyarakat menjadi Pengawas Pemilu partisipatif sebagai mitra Panwascam dalam menangkal dan mencegah terjadinya pelanggaran Pemilu.

Kami berharap masyarakat berperan aktif menjadi Pengawas Partisipatif dalam mengawal demokrasi yang dicita-citakan yakni demokrasi yang berdaulat yang menciptakan pemimpin yang benar-benar lahir dari pilihan rakyat," sambung Farhan.

Sementara itu, Kordiv Hukum, Pencegahan, Dan Partisipasi Masyarakat, Yasa Taqiyudin menjelaskan peran masyarakat dalam pengawasan partisipatif itu sangat penting untuk pelaksanaan pemilu nanti.

“Peran aktif masyarakat dalam pengawasan partisipatif antara lain dapat mendorong tingginya partisipasi semua elemen masyarakat dalam kontestasi Pemilu 2024, sehingga meningkatkan  kualitas demokrasi di Kecamatan Pacet ini," tuturnya.

Selain itu, Panwaslu kecamatan Pacet juga mengajak masyarakat untuk hadir di 14 Februari 2024 nanti dalam menggunakan hak pilihnya.

Tentunya juga, masyarakat harus berani melaporkan apabila terjadi pelanggaran Pemilu 2024 kepada Pengawas Pemilu agar dipastikan, data informan akan terjamin kerahasiaannya.

Laporan: Restu