Miris..Akibat Ruangan Kelas Ambruk Sejumlah Siswa-siswi SDN 3 Tanjungsari Cianjur, Pindah Sekolah

Miris..Akibat Ruangan Kelas Ambruk Sejumlah Siswa-siswi SDN 3 Tanjungsari Cianjur, Pindah Sekolah

CIANJUR-JAWA BARAT | Siswa-siswi SDN Tajungsari 3 Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, terpaksa harus pindah sekolah lantaran kondisi ruang kelas bangunan sekolahnya ambruk dan belum mendapat perhatian dari pemerintah.

Informasi yang dihimpun, ambruknya gedung bangunan sekolah tersebut akibat lapuk termakan usia, Sehingga ketika musim penghujan saat ini kondisi bangunan sekolah mengalami kerusakan cukup parah.

Sejak ambruknya 3 ruang kelas di SDN Tanjungsari 3 itu, pihak sekolah terpaksa menggunakan salah satu ruangan yang ambruk untuk belajar mengajar murid kelas III lantaran kekurangan ruangan kelas.

Menurut penjaga sekolah Usep Suganda (50) menjelaskan, Awalnya ambruk bangunan SDN Tanjungsari 3 sebanyak 3 ruang kelas akhir Agustus 2023, karena lapuk dimakan usia dan diguyur hujan lebat mengakibatkan bangunannya ambruk porak poranda.

“Ambruknya bangunan SD itu bermula pada bulan Agustus 2023. Nah, setiap turun hujan lebat material bangunan bagian atap terus berjatuhan, hingga lalulantah semberaut di bekas ruangan kelas,” kata dia.

" Masih ucapnya, ada satu ruangan kelas yang masih bisa dipaksakan untuk KBM murid kelas lll, namun itu pun kalau tidak hujan. Dengan kondisi seperti itu orangtua/wali murid merasa khawatir, sehingga berangsur-angsur memindahkan anaknya ke sekolah lain.

“Atas peristiwa nahas itulah jumlah murid berkurang Sehingga tidak menutup kemungkinan ditahun ajaran yang akan datang mereka enggan menyekolahkan anaknya, karena khawatir bangunannya ambruk akan menimpa murid. Bahkan hampir setiap hari para orang tua meminta izin anaknya untuk dipindahkan ke sekolah lainnya,” Ucap Usep.

Terpisah Komite SDN Tanjungsari 3 Sudarya (44) menambahkan, sejak terjadinya bangunan SDN Tanjungsari 3 ambruk, pihak sekolah, Kepala Desa Tanjungsari dan tokoh masyarakat memohon bantuan pembangunan SDN Tanjungsari 3, itu dilakukan lebih dari tiga kali, namun hingga kini masih belum ada realisasinya.

“Dengan adanya kejadian itu, banyak orangtua/wali murid yang memindahkan anaknya ke sekolah lain, karena satu unit gedung SDN Tanjungsari 3 ambruk dan satu unit bangunan lainnya pun sudah lapuk pula juga rombeng. Atas nama sekolah dan orangtua/wali murid meminta agar pemerintah Kabupaten Cianjur, Provinsi dan pemerintah pusat mohon menurunkan anggaran bantuan ruang kelas baru di SDN Tanjungsari 3 untuk segera dibangun,” tambahnya.

(Deei L)