Lomdeskel Tingkat Kabupaten 2024, Masuki Tahap Klarifikasi Dan Penilaian

Lomdeskel Tingkat Kabupaten 2024, Masuki Tahap Klarifikasi Dan Penilaian
Foto: Penilaian dan Klarifikasi Lomba Desa Tingkat Kabupaten Cianjur 2024, Oleh Tim Lomdeskel

Cianjur | Selasa 21/05/2024, tim Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) Tingkat Kabupaten Cianjur 2024, lakukan klarifikasi dan penilaian bagi Pemerintah Desa Sukamanah, Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, di ajang lomba tersebut.

Acara berlangsung di Kantor Desa Sukamanah dengan dihadiri oleh Forkopimcam Cugenang, lembaga-lembaga Desa serta tamu undangan lainnya.

Dalam pelaksanaannya, panitia penyelenggara menyuguhkan berbagai kesenian tradisional dan aneka UMKM binaan Desa Sukamanah dengan tujuan ingin melestarikan budaya-budaya dan makanan-makanan khas Sunda, tak ketinggalan jajanan modern dan hasil karya UMKM masyarakatnya pun tampak meramaikan agenda verifikasi Lomdeskel tingkat Kab Cianjur 2024.

Kepada wartawan, Kepala Desa Sukamanah Indra Surya Pradana, mengaku bersyukur desanya masuk 6 besar Lomdeskel tingkat Kab. Cianjur.

"Alhamdulillah tadi sudah dilaksanakan klarifikasi lapangan oleh tim penilai Lomdeskel tingkat Kab Cianjur. Artinya sudah lega, tinggal menunggu hasilnya bagaimana, tapi mudah-mudahan bisa memberikan yang terbaik untuk desa kami ini," aku Indra usai verifikasi Lomdeskel.

Indra melanjutkan, untuk dirinya selaku pimpinan Desa Sukamanah, motivasi mengikuti Lomdeskel ini bukan berbicara menang dan kalah, tapi yang paling penting adalah pengalaman untuk desanya, kemudian kegiatan itu juga untuk memotivasinya agar lebih tertib administrasi. 

"Kalau soal juara sih itu mah, nomor sekian yang penting kan pengalamannya," unkapnya.

Pada penilaian ekspos tadi, sambung Indra, dirinya memaparkan beberapa inovasi yang sudah di laksanakan di desanya itu.

 "Alhamdulilah kegiatan tersebut sudah memberikan dampak yang positif terhadap pembangunan di desa Sukamanah, pertama inovasi Sauyunan untuk kesehatan dan persalinan (Sauyunan), kemudian kegiatan pemberian tambahan makanan bergizi (Kataji) di bidang kesehata serta inovasi Bangun Insfrasuktur sarana jeng lembur (Batur Salembur)," tutupnya.

Masih dilokasi yang sama, Ketua Lomba Desa Tingkat Kabupaten 2024 Dendi Rinaldi, mengatakan, kegiatan yang dilakukan bersama timnya adalah melakukan klarifikasi lapangan bagian-bagian dari lomba desa tingkat kabupaten 2024.

"Nah Desa Sukamanah ini adalah desa ketiga yang menjadi salah satu peserta lomba dan masuk ke 6 besar seKabupaten Cianjur dari penyampaian tahapan dokumentasi lapangan,"kata Dendi, Selasa.

Adapun aspek yang dinilai aspek pemerintahan desanya, administrasi, pelayanan, kelembagaan dan juga aspek ekonomi.

"Yang menonjol dari Desa Sukamanah ini adalah sisi administrasinya, saya lihat cukup bagus kemudian juga dari sisi pelaksanaan inovasi-inovasinya juga kelihatannya tadi cukup luar biasa bagus," terang Ketua Lomba Desa Tingkat Kabupaten 2024.

Kedepan, sambung Dendi, mungkin akan lebih bagus lagi jika terus ditingkatkan pelayanannya untuk dijadikan percontohan. Karena menurutnya Desa Sukamanah ini merupakan etalasenya di depan yang ada di Cianjur ini.

"Karena etalasenya pertama di Cianjur terkait pelayanan kemudian juga dari sisi peningkatan pendapatan desanya, terutama pendapatan asli desa kemudian potensi ekonomi, bisnis harus terus lebih diperhatikan supaya nantinya bisa memiliki kekuatan ekonomi yang lebih mandiri," tutupnya.(Red)