Ketua DPW PAN Jawa Barat Rekomendasi Rastya Mutiarani Zahra Maju di Pilkada 2024

Ketua DPW PAN Jawa Barat Rekomendasi Rastya Mutiarani Zahra Maju di Pilkada 2024

SUKABUMI (Palabuhanratu) | Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Barat Desy Ratnasari berikan restu kepada Rastya Mutiarani Zahra sebagai bakal calon Wakil Bupati Sukabumi di Pilkada 2024 mendatang.

Hal tersebut diungkap Desy Ratnasari disela kunjungan kerja monitoring Program Indonesia Pintar di sekolah tingkat SD, SMP, SMA/SMK, dan Universitas dibawah naungan Yayasan Mutiara, Palabuhanratu, Sukabumi, Sabtu (01/06/2024).

Desy Ratnasari berikan support penuh kepada Rastya Mutiarani Zahra, secara blak-blakan politisi pelantun Tenda Biru tersebut kepada awak media nyatakan dukungannya.

"Ya sudah pasti kalau sebagai perempuan saya berikan restu, women vote for women, perempuan dukung perempuan," ungkap Desy Ratnasari kepada awak media, Sabtu (01/06).

Sinyal kuat diberikan kepada Rastya Mutiarani Zahra, namun demikian Desy menyatakan bahwa mekanisme rekomendasi akhir bagi bakal calon nantinya akan diputuskan oleh DPP.

"Dalam konteks internal (partai) keputusan (milik) DPP, Saya harus memberikan keleluasaan kepada mereka untuk menganalisa, surveynya seperti apa, walau memang surveynya (Rastya) naik terus dalam 2 bulan (terakhir). Lalu kebijakan partai nantinya berkoalisi dengan siapa itu akan menjadi kebijakan dan keputusan bersama (koalisi) sehingga nanti keputusannya seperti apa. 

"Kami sebagai DPW tentu memberikan rekomendasi juga atas apapun yang dilihat, dievaluasi, dihitung, strateginya oleh ketua DPD di Kabupaten Sukabumi," beber Desy Ratnasari.

Untuk diketahui Rastya Mutiarani Zahra merupakan satu-satunya bakal calon Wakil Bupati Sukabumi perwakilan gender perempuan di Pilkada 2024 mendatang.

Tidak hanya sebagai calon tunggal perempuan, Rastya berhasil mengukir sejarah sebagai wanita pertama yang bertarung di Pilkada Sukabumi.

Desy Ratnasari berharap, kehadiran sosok wanita di Pilkada bisa menjadi penyeimbang pemikiran bagi kepala daerah.

"Menurut Saya perempuan masuk dunia politik itu jarang, perempuan yang berani menyuarakan dirinya untuk maju jadi pemimpin super jarang.

"Oleh karena itu saya sebagai perempuan tentu harus mendorong perempuan yang mau maju sebagai pengambil keputusan di tingkat kabupaten. Jadi semoga tidak hanya menjadi wakil yang hanya dijadikan etalase saja, kalau Allah mudahkan Rastya berjodoh dengan siapapun yang terbaik menurut Allah, bisa menjadi partner kerja yang memberi sumbangsih pemikiran demi menghasilkan kebijakan dan politik anggaran bagi pembangunan Sukabumi," ungkap Desy Ratnasari.

Ditempat yang sama, Rastya Mutiarani Zahra mengaku bahagia dan terharu atas support dan restu Desy Ratnasari kepada dirinya di Pilkada 2024 mendatang.

"Alhamdulillah saya sangat bahagia sekali apalagi restu langsung disampaikan oleh Teh Desy itu sebuah kebanggaan. Memang betul kenyataanya kata teh Desy bahwa perempuan berpolitik memang sedikit saat ini, saya sebagai perempuan memberanikan diri untuk bisa berkontribusi secara nyata untuk Sukabumi,"

"Adanya teh Desy tadi menyampaikan restu kepada saya sangat bahagia, semoga kita bisa berkolaborasi secara nyata, terlebih saya perempuan teh Desy juga perempuan, semoga Sukabumi bisa tersentuh secara hati karena perempuan biasanya selalu dari hati, semoga ini menjadi awal langkah saya untuk membuka peluang kedepannya," tandasnya.(*)