Kades Sindangresmi Raih Anugrah Paralegal Justice Award 2024.

Kades Sindangresmi Raih Anugrah Paralegal Justice Award 2024.
Foto: Kades Sindangresmi Raih Anugrah Paralegal Justice Award 2024

Cianjur | Kepala Desa Sindangresmi, Imas,S.IP. raih penghargaan anugrah Paralegal Justice Award dalam Katagori penyelesaian berbagai konflik atau permasalahan Hukum secara Non Litigasi yang di hadapi oleh masyarakat di Wilayah yang di Laksanakan di Hotel Bidakara Jakarta. Selasa (4/6/2024).

Imas menjelaskan Paralegal adalah juru damai atau asistennya pengacara yang menyelesaikan masalah di luar dari pada pengadilan,dengan tujuan untuk mengakui bahwa kepala Desa atau Lurah yang memiliki kemampuan Dalam menyelesaikan masalah secara Non Litigasi atau di luar pengadilan dan berperan mejadi juru Damai dalam menyelesaikan masalah warga. Adapun 1067 desa/ kelurahan yang mendaftar dari 240 kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia,

"Alhmdulillah 300 kades/lurah yang lolos seleksi tingkat nasional dan kami mewakili kabupaten Cianjur jawa Barat, saya masuk di Region 4 yang terdiri dari DKI Jakrta dan jawa Barat dengan hasil voating 7477 di urutan ke 7, Adapun tahapan yang kami lalui mulai dari pendaftaran pada Bulan November Tahun 2023,di lanjutkan dengan seleksi tingkat kabupaten,propinsi dan tingkat Nasional dan melaksanakan pendidikan selama 5 hari di BPSDM Kemenkumham RI di Cinere Depok selama 5 hari mulai dari tanggal 28 Mei s/d tanggal 1 Juni 2024," jelasnya kepada wartawan.

Imas mengatakan, selama 5 hari dirinya diberikan Materi oleh Hakim, seperti, Pengantar Hukum Pidana dan Perdata, Pola Relasi penyuluh Hukum dan Advokasi serta kepala Desa sebagai paralegal dalam peningkatan kesadaran hukum masyarakat,Teknik penyelesaian sengketa melalui mediasi, dan Negara Hukum dan Pancasila.

"Selain itu kami pun mengadakan kunjungan ke Mahkamah Agung RI serta ke kantor DPR RI, Selain dari pada itu ada yang lebih penting dan berharga selain dari pendidikan,kami bisa bersilaturahmi dengan rekan sesama Kepala Desa/lurah Se Indonesia yang notabene berbeda Suku Ras Agama dan Budaya dan kami juga mengikuti peringatan hari lahir Pancasila dengan memakai baju adat daerah masing-masing.

"Penghargaan ini saya persembahkan untuk warga masyarakat desa Sindangresmi dan tak lupa saya ucapkan terimaksih kepada semua pihak yang telah memberikan do'a dan dukungan yang tidak bisa di sebutkan satu persatu, dan alhmdulillah berkat Paralegal justice Award saya mendapatkn penghargaan NON LITIGATION PEACEMAKER (NL.P)," pungkasnya.(SUGANDA)