Ini...! Tahap Pengawasan Panwaslu Cipanas Selama Pelaksanaan Pemilu 2024 Di Tingkat Kecamatan

Ini...! Tahap Pengawasan Panwaslu Cipanas Selama Pelaksanaan Pemilu 2024 Di Tingkat Kecamatan
Foto: Panwaslu Ciapanas - Cianjur - Jawa Barat

CIANJUR | Rapat pleno terbuka penetapan hasil rekapitulasi perhitungan suara tingkat Kecamatan Cipanas Kab Cianjur Jawa Barat, yang diselenggarakan pada hari Jumat 23 Februari 2024, Pengawasan dan pengawalan terus dilakukan Panwaslu Cipanas sampai arus balik kotak suara dari Gudang PPK Cipanas ke Gudang logistic KPU kabupaten Cianjur, di Jalan raya Bandung kecamatan Karang Tengah.

Pergeseran kembali Kotak suara tersebut menggunakan 12 armada truk dengan pengawalan dan pengamanan dari TNI-Polri.

Adanya hal tersebut, Ketua Panwaslu Cipanas, Muhamad Aziz,S.S, adakan siaran pers terkait pengawasan di masa tenang pasca pelaksanaan pungut hitung Suara Pemilu 2024.

 

Kepada wartawan, Senin (26/2/2024), M.Aziz mengatakan, mulai tanggal 11 sampai dengan 13 Februari 2024 di masa tenang tersebut panwaslu kecamatan Cipanas beserta jajaran PKD dan PTPS terus mengawal serta pengawasan sampai arus balik kotak suara.

"Ya, dari mulai masa tenang kampanye panwaslu kecamatan Cipanas beserta jajaran pun mengawasi pendistribusian logistik pemilu dari PPK ke PPS per tanggal ( 13/2 2024 ) dan pendistribusian logistik dari PPS ke KPPS tanggal ( 12/2/2024 ) dari setiap TPS, dalam pengawasan logistik tersebut, allhamdulillah kami tidak menemukan pelanggaran dalam pendistribusiannya," ujarnya.

Lanjut Azis menjelaskan, Pengawasan berlanjut pada tahapan pemungutan suara tanggal ( 14/2/2024 ), dalam tahapan ini panwaslu kecamatan Cipanas telah menempatkan 350 anggota PTPS sesuai dengan tempat kerjanya masing-masing

Dalam setiap TPS diawasi oleh satu petugas PTPS yang tersebar di 350 TPS di kecamatan Cipanas dan menempatkan PKD sesuai dengan desanya masing-masing untuk monitoring. Untuk semua laporannya dilakukan secara berjenjang.

"Di hari yang sama tanggal ( 14-15/2/2024 ) setelah pemungutan suara dilanjutkan dengan penghitungan suara ada beberapa laporan terkait pelaksanaan penghitungan suara dalam tahapan penghitungan dan pemungutan suara 

Adapun laporan-laporan kejadian dapat diselesaikan di waktu dan tempat yang sama semua kejadian dituangkan dalam laporan hasil pengawasan," jelasnya.

Penulis: Restu