Hadir Sebagai Pemateri di Acara PPGD YEU Cianjur, Ini Yang Disampaikan BPBD Cianjur

Hadir Sebagai Pemateri di Acara PPGD YEU Cianjur, Ini Yang Disampaikan BPBD Cianjur
Poto: Sekertaris BPBD kabupaten Cianjur, Asep Saepudin
Hadir Sebagai Pemateri di Acara PPGD YEU Cianjur, Ini Yang Disampaikan BPBD Cianjur

Cianjur | Yakkum Emergency Unit (YEU) kembali menggelar Refresh Pelatihan Dasar Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), Selasa (6/2/2024).

Acara tersebut diikuti oleh 8 Desa dampingan serta mitra YEU.

Pelatihan yang terselenggara di Wisma Sinar Kasih di Jl.Raya Pacet No. 12-14, Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, turut mengundang Sekertaris BPBD kabupaten Cianjur, Asep Saepudin dan Dr Intan Rosediana T dari Puskesmas Pacet, sebagai narasumber dengan penyampaian materi bagaimana cara memahami jenis luka dan cedera pada sistem otot rangka.

Saat mengisi materi Dr Intan menyampaikan, bagaimana cara memahami jenis luka dan terjadinya cedera pada sistem otot rangka, seperti patah tulang dan jenis luka lainnya dengan cara menyelamatkan jiwa penderita, mencegah terjadinya cacat, memberi rasa nyaman dan menunjang upaya penyembuhan.

"Bagaimana cara menangani korban dalam keadaan darurat, untuk pertolongan pertama itu dengan cara call phone help atou cek respon serta lihat keadaan yang terjadi terhadap korban," kata Dr Intan.

Saat ditemui wartawan, Asep Saepudin menyampaikan, pelatihan yang dilaksanakan hari ini adalah refreshing untuk mengingat kembali terkait pelatihan apa yang sudah dilaksanakan oleh relawan masing-masing desa yang berada di wilayah Cugenang maupun Pacet.

"Tujuan dari agenda ini agar mereka (Peserta) dapat bisa menangani langsung apabila terjadi bencana atau bisa memberikan pertolongan pertama terhadap korban bencana itu sendiri. Nah, yang diberikan pada pelatihan ini bisa diterapkan di lapangan untuk membantu warga yang terkena bencana," kata Asep saat ditemui disela-sela acara.

Asep melanjutkan, untuk saat ini yang lebih ditekankan saat penyampaian materi terkait tata cara dalam menangani para korban. 

"Misal pada saat terjadi bencana gempa bumi atau bencana lainnya, di situlah para relawan binaan YEU ini bisa menangani dan melakukan pertolongan pertama terhadap korban yang terkena bencana sebelum datangnya tim medis yang ada di wilayah masing-masing," paparnya.

Terakhir Asep yang mewakili BPBD Kabupaten Cianjur mengucapkan terimakasih kepada YEU yang sudah membantu dan membina tim relawan yang memang bilamana terjadi bencana tidak bisa kita tangani sendiri oleh pihak BPBD.

"Mudah-mudahan kedepan bisa bertambah lagi di tiap tingkat desa untuk dibuat lagi tim relawan, supaya banyak membantu masyarakat saat terjadi bencana atau sesuatu yang tidak diinginkan dengan melakukan pencegahan dini terhadap bencana," harapnya

(Shandi R.A)