Bersama Masyarakat Pemerintah Desa Sukamanah Perbaiki Saluran Irigasi Dengan Alat Seadanya

Bersama Masyarakat Pemerintah Desa Sukamanah Perbaiki Saluran Irigasi Dengan Alat Seadanya
Poto: bendungan irigasi Kp Seuseupan
Bersama Masyarakat Pemerintah Desa Sukamanah Perbaiki Saluran Irigasi Dengan Alat Seadanya

Cianjur | Inginkan aliran air sungai bisa mengairi area pesawahan dan pemenuhan kebutuhan cuci kakus warga, Senin 18 Desember 2023 kemarin, Pemerintah Desa Sukamanah Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur, melakukan swadaya masyarakat bergotong royong memperbaiki irigasi di Bingawati Kampung Seseupan dengan bahan seadanya hasil swadaya masyarakat.

Diketahui aliran sungai tersebut peruntukannya mengairi area pesawahan dan kebutuhan cuci kakus di wilayah Kecamatan Cianjur seperti Desa Mekarsari, Limbangansari, Bojongherang dan wilayah-wilayah Desa atau kelurahan yang terlewati aliran sungai tersebut.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Desa Sukamanah Indra Surya Pradana, aliran sungai ini melintasi sebagian wilayah Kecamatan Cianjur dan sekitarnya.

"Benar, bahwa aliran sungai ini melintasi sebagian wilayah Kecamatan Cianjur seperti Desa Mekarsari, Limbangansari, Bojongherang dan wilayah-wilayah desa atau kelurahan yang terlewati aliran sungai ini, " kata Kepala Desa Sukamanah kepada wartawan, Kamis 21 Desember 2023.

Masih dikatakan Indra, karena sebagian warga Desa Mekarsari pun kebutuhan airnya dari aliran sungai ini, jadi pada saat gotong royong kemarin pun ada warga Mekarsari. 

"Kendati lokasi berada di wilayah Desa Sukamanah, Alhamdulillah waktu kemarin gotong royong ada warga Desa Mekarsari yang ikut serta swadaya memperbaiki irigasi di Bingawati Kp Seseupan, karena mereka juga sama-sama membutuhkan aliran sungai ini untuk memenuhi kebutuhan air, " ungkapnya.

Indra menuturkan, bahwa irigasi Bingawati ini sudah jebol sejak satu tahun yang lalu. "Dalam satu tahun ini sebetulnya kami sudah lima kali melakukan perbaikan secara swadaya dengan bahan seadanya hasil swadaya untuk bisa memenuhi kebutuhan air, " tuturnya.

Dengan terganggunya aliran sungai ini, sambung Indra, banyak warga yang tidak bisa menjalankan usahanya seperti pertanian dan kolam ikan. Sehingga berdampak pada terhambatnya perekonomian warga. 

"Mewakili warga yang membutuhkan air di aliran sungai ini, saya berharap agar pemerintah daerah, provinsi bahkan pusat agar segera memperbaiki irigasi Bingawati ini. Karena sumber air tersebut sangat dibutuhkan oleh para patani, pemilik kolam ikan dan warga untuk memenuhi kebutuhan air, " harapnya.

(Shandi R.A)