Akibat Curah Hujan Cukup Deras Satu Rumah Milik Warga Desa Ciakncana Tertimbun Longsor

Akibat Curah Hujan Cukup Deras Satu Rumah Milik Warga Desa Ciakncana Tertimbun Longsor
Foto: Kondisi rumah milik warga Sukaresmi yang tertimbun longsor

CIANJUR | Rumah milik warga di Kampung Babakan Eser RT 05/05 Desa Cikancana Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur Jawa Barat, tertmbun longsor.

Menurut keterangan, longsor terjadi akibat hujan deras pada hari Sabtu 29 Juni 2024, kamarin. Tak ada  korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian material balasan juta.

Kepada wartawan, Kepala BPBD Kabupaten Cianjur Asep Sukma Wijaya, membenarkan, peristiwa longsor yang menimbun satu rumah milik warga di kampung tersebut, terjadi pada hari Sabtu sore akibat curah hujan cukup deras.

"Curah hujan deras menyebabkan tanah longsor mengenai satu rumah milik Bapak Jujun Juanedi, sehingga menimbulkan kerusakan," ungkapnya saat diwawancarai melalui sambungan telpon, Minggu (30/6).

Sambung Asep, untuk sementara korban yang rumahnya terkena longsoran tanah sementara diungsikan ke tempat yang aman guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

"Sementara, keluarga Bapak Jujun mengungsi ke rumah orang tuanya guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan," ucapnya.

Tambah Asep, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun kerusakan rumah diperkirakan mengalami kerugian kurang lebi Rp.15 juta.

"Tidak ada korban jiwa, namun ada kerugian karena rumah rusak akibat longsoran tanah," paparnya.

Asep Berpesan, menghimbau kepada semua warga untuk tetap waspada terutama kepada pemilik rumah yang terkena musibah.

"Terlebih sekarang hujan tidak dapat diprediksi jadi agar tetap waspada dan hati-hati," tutupnya.(Der).